Review Film Jadul: Petualangan Cinta Nyi Blorong (Sisworo Gautama Putra 1986)

Kisah diawali dengan Johan (George Rudy) dan kekasihnya, Susi (Suzanna) yang sedang berburu. Tiba-tiba mereka menemukan segerombolan gadis seksi “topless“ berbikini. Saat dikejar ke sebuah gua, gadis-gadis itu menghilang dengan cara “cut to”. Ternyata para gadis tadi adalah dayang-dayang Nyi Blorong (Suzanna) yang bersemedi. Nyi Blorong bersemedi di atas sebuah device anti gravitasi.
Jrenggg! Muncul credit title dengan latar video ular-ular mirip film dari Discovery Channel.

Kredit gambar: cihaule/forum.indowebster.com

Kisah lalu melompat ke sebuah rumah kosong. Burhan (Advent Bangun) mencoba memerkosa Lina (Nina Anwar) pacarnya. Karena Lina menolak, tangannya ditusuk obeng oleh Burhan. Rupanya demi kehormatan Lina lebih memilih ditusuk obeng daripada ditusuk...”ituan”. Lina berhasil melarikan diri dari Burhan. Di rumah ayahnya gusar. Sudah berulangkali Lina dinasehati jangan berhubungan dengan Burhan yang pengangguran, bertemperamen kasar dan koruptor. Eh Lina-nya aja yang tetap bandel. Apa pula menariknya pacaran dengan orang yang suka main obeng?

Obeng Advent Bangun
"Mas, jangan tusuk aku dengan obeng, Mas...dengan yang lain aja..."

Burhan yang menyadari dirinya miskin dan tak dihormati memutuskan mencari pesugihan Nyi Blorong. Ia tersesat ke sebuah kebun binatang...eh maaf....pura-puranya itu hutan ding. Ada jerapah dan singa Afrika. Di sana ia bertemu dengan wanita berbadan ular bernama Nyi Lajang dan suaminya Ki Lajang. Mungkin mereka juga anggota kebun binatang itu.

Begitu tahu bahwa Burhan sedang mencari gua Nyi Blorong dan tersesat, Nyi Lajang membuat kesepakatan dengannya. Nyi Lajang akan memberi tahu Burhan tempat Nyi Blorong asalkan suatu saat nanti Burhan gantian menolongnya. Burhan setuju.

Dengan buntutnya Nyi Lajang menggulung Burhan lalu melemparkannya seperti ketapel nyebur ke sungai. Di tepi sungai Burhan ditemui oleh dayang-dayang berbikini. Burhan berhasil menemukan Nyi Blorong. Nyi Blorong setuju untuk memperkaya Burhan dengan syarat yang terlalu mudah buat Burhan. Syaratnya adalah menggigit leher cewek dan menyedot payudaranya. Hmm nggak ada syarat yang lebih enak apa?...

Vampire penghisap tetek

Lalu Burhan berubah menjadi vampire mesum, gentayangan memburu gadis montok di pertunjukkan tayub. Belum cukup itu, Burhan The Pervert Vampire juga mencoba menyedot Susi yang wajahnya mirip Nyi Blorong. Untunglah Johan berhasil menggagalkannya dengan jurus Karate. Mujur bagi Johan karena vampire tipe ini bukannya menggunakan kemampuan terbangnya tapi malah bergelayutan pada akar pohon seperti Tarzan.

Berita Drakula

Burhan berhasil kaya. Ia membuka bisnis narkoba dan prostitusi (kalo ini mah nggak usah pake Nyi Blorong juga udah bisa kaya mendadak). Nyi Lajang menagih janji Burhan dulu. Ia menyuruh Burhan ML dengan Nyi Blorong lalu menusukkan sebuah tusuk konde ke kepalanya. Tusuk konde itu akan men-deaktivasi kesaktian Nyi Blorong. Kompensasinya, Burhan tak perlu lagi cari tumbal dengan menyedoti para perempuan. Hmmm padahal mungkin Burhan malah ketagihan...

Lalu datanglah jadwal Burhan ML dengan Nyi Blorong. Nyi Blorong datang dengan naik UFO berbentuk kereta yang ditarik kuda animatronik. Ternyata UFO-nya Nyi Blorong tidak bisa mendarat di tanah. Jadi Nyi Blorong pun naik “awan kinton”-nya Son Goku dari serial Dragon Ball untuk bisa ke bawah. Saat lengah keenakan Burhan pun menghunjamkan tusuk konde ke kepala Nyi Blorong. Nyi Blorong-pun jadi ular. Secara kebetulan Ular Nyi Blorong nyasar ke rumah Lina dan dipiara oleh Johan.

Awan Kinton

Burhan melamar Lina dengan harta kekayaannya. Sudah tahu watak berandal si Burhan, ayah Lina menolak mentah-mentah. Burhan dendam lalu menyantet ayah Lina sampai meninggal.

Sementara itu Johan melihat keanehan pada ular yang tempo hari ditemukan di rumah Lina. Ada sebuah tusuk konde menancap di kepalanya. Begitu dicabut, jadilah ular itu perempuan cantik tanpa baju. Dialah Nyi “Naked” Blorong. Karena mirip Susi, Johan pun tidur dengan Nyi Blorong seksi itu. Saat Susi, Lina dan Doni (Dorman Borisman) datang ke rumahnya, Johan kaget. Lho yang tadi tidur sama dia apa bukan Susi? Semua lebih kaget lagi ketika menemukan kulit ular di ranjang Johan.

Doni dan Lina membawa kasus ini ke seorang dukun (H. Bokir) dan istrinya yang “bizarre” (Mak Siti). Belakangan diketahui ternyata Bokir dan Mak Siti adalah seorang penipu yang memiliki studio special effect. Penipuan Bokir digagalkan oleh Nyi Blorong yang asli (udah pake baju). Nyi Blorong pun menasehati yang hadir di situ agar jangan percaya klenik. Untunglah dia tidak melarang kita menonton film klenik tentang dirinya yang sampai 3 sequel itu. Yang melarang nonton malah pemda Lampung saat itu (sumber: indonesiancinematheque.blogspot.com)

Burhan merasa belum cukup balas dendam. Ia menculik Susi dan Lina (mantan pacarnya). Lina hendak diasap kayak pindang sedangkan Susi diserahkan ke Nyi Lajang yang mengiranya sebagai Nyi Blorong. Nyi Lajang tak bisa membedakan mana siluman asli dan mana yang bukan. Ckkk kesaktiannya diragukan.

Johan datang hendak menyelamatkan Lina dan Susi. Malangnya Johan malah tertangkap. Itu layak untuk seorang nekad yang cuma dengan tangan kosong berani melabrak segerombolan berandal bersenjata lengkap.

Untunglah Nyi Blorong sang superhero datang. Sebagian berandalan ditumpas dengan senjata ular. Nyi Blorong juga melabrak Nyi Lajang musuh bebuyutannya. Johan pun menolong Susi. Rupanya berandalan anak buah Burhan masih tersisa. Mereka memburu Johan cs.

Nyi Blorong menghadapi Nyi Lajang. Nyi Lajang menggunakan jurus ilmu “Tetek Berasap”. Ia pencet kantong dada-nya dan keluarlah semacam “poisonous lactation smoke”. Sayang itu tak mempan pada Nyi Blorong. Nyi Lajang pun menggunakan senjata pamungkasnya, sebuah ular karet mainan. Tidak mempan juga. Kini giliran Nyi Blorong mengambil ular dari kepalanya (ular sungguhan...hiii), menjadikannya anak panah dan memanah Nyi Lajang tepat di lehernya. Modar!

Tetek Berasap Racun...hmmm mungkin Tetek Gas Arsenik

Di tempat yang tak terlalu jauh, Johan bertarung dengan anak buah Burhan. Anak buah Burhan bersenjatakan gergaji mesin mirip di Texas Chainsaw Massacre. Johan menang. Kini ia berhadapan dengan Burhan. Pertarungan berlangsung sengit. Johan kalah. Tapi sebelum Burhan menghabisinya, Nyi Blorong muncul membunuh Burhan. Rupanya Burhan adalah wadal terakhir Nyi Blorong. Nyi Blorong pun ceramah sedikit lalu naik ke UFO-nya dan dadaaaaa....ia menghilang di angkasa.

Malayan Chainsaw Massacre

Ada 3 sekuel film Nyi Blorong yang saya tonton. Nyi Blorong (1982) adalah installment pertama sekaligus yang terbaik dari segi cerita. Yang lainnya, Perkawinan Nyi Blorong (1983) dan Petualangan Cinta Nyi Blorong (1986) adalah film aneh, lucu, “wagu”, bizzare namun bisa jadi sangat menghibur bagi anda yang sudah kenyang dengan film berkualitas. Ada banyak bikini, boobs, cleavages dan funny dialogues dll.

Nyi Blorong ternyata masih saudaraan ama Medusa

Special effect film ini luar biasa. Anda boleh menafsirkan ini luar biasa aneh apa luar biasa lucu. Lihatlah kendaraan Nyi Blorong. Sebuah kereta kencana yang ditarik dua ekor kuda (mainan). Bisa terbang (makanya saya sebut UFO). Tapi sayangnya dua kuda penarik kereta itu adalah properti yang dipakai di film installment pertama, jadi belum diganti. Kuda tersebut kalau lari semua kakinya bergerak bersamaan. Lebih mirip wayang. Lagipula kalau dipikir-pikir buat apa kudanya lari kalau kereta UFO itu sudah terbang?

Anda ketawa soal “Tetek Berasap”? Yeah, mereka membuatnya beneran. What a bizzare weapon...

Meski bertabur keganjilan, tapi ada juga yang mengesankan di film ini. Penampakan awal dari Nyi Lajang sungguh keren, saat ia menjulur dari atas pohon. Saya rasa jika adegan ini dibuat dengan CGI, hasilnya mungkin tak akan bisa se-”eerie” ini.

Bayangin jalan-jalan di hutan ketemu ginian...amit-amit

Trivia: Dilarang diputar di seluruh Lampung karena adegan sadisme dan pornografis. Film terlaris IV di Jakarta, 1987, dengan 290.412 penonton, menurut data Perfin.

13 Februari 2013 pukul 19:12

Artikel dengan kata kunci terkait:

Bagikan artikel ini :

+ comments + 3 comments

December 6, 2016 at 9:07 AM

Hahaha, lucu juga ente ceritain lagi dimari tentang film ini.

February 20, 2017 at 2:41 AM

Kocak bangeet.. Hahaha :D

August 13, 2017 at 8:32 AM

Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

Post a Comment

 
Copyright © 2011.   GUGUN EKALAYA - All Rights Reserved
Thanks maturnuwun to MASTEMPLATE and also dumateng TUKARCERITA